Manfaat Jamur Kuping Sebagai Makanan Obat












Artikel saya kali ini akan membahas beberapa manfaat yang terkandung dari jamur kuping. Kebanyakan dari anda pasti sudah tidak asing lagi dengan makhluk ciptaan Allah S.W.T dengan nama latin Auricularia Sp.
Disebut jamur kuping karena jika dilihat sekilas bentuknya menyerupai daun telinga, memang jika dilihat dari segi gastronomik ataupun organoleptik (rasa, aroma, dan penampilan), jamur kuping kurang menarik bila dihidangkan sebagai bahan makanan. Namun, sejak ribuan tahun jamur kuping sudah dikenal dekat sebagai bahan makanan yang memiliki khasiat sebagai obat dan penawar racun.

Lendir yang dihasilkan jamur kuping selama dimasak dapat menjadi pengental. Bahkan, lendir jamur kuping dapat menonaktifkan atau menetralkan kolesterol. Jamur kuping dapat dibedakan berdasarkan bentuk, ketebalaan, dan warnanya.
Jamur kuping dikenal ada empat jenis yaitu:

a. Auricularia auricula – Judae (tubuh buah lebar dan tebal)
b. Auricularia polytricha (tubuh buah kecil dan tebal)
c. Auricularia cornea (seperti Auricularia auricula)
d. Auricularia fuscosuccinea (seperti Auricularia polytricha)
Jamur kuping mempunyai sebutan dibeberapa daerah dengan nama :

a. Indonesia : jamur kuping, supa lember (sunda), kuping lowo (Jawa), kuping tikus, kuping gajah dan lain-lain.
b. Cina/Taiwan/Vietnam: mouleh, Yung-ngo, Muk-ngo, Mu-er , Mo -er
c. Jepang: Kikurage, Mokurage, Senji, Arage.
d. Hongkong/Singapura: Mouleh, Jew's ear-fungi
e. Amerika Serikat: Tree-ear, Jew's ear-fungi, Gelatinous fungi.
Jamur kuping mempunyai warna tubuh buah pada umumnya coklat, hitam dan merah, tetapi yang paling memiliki nilai bisnis yang tinggi adalah warna coklat pada bagian atas tubuh buah dan warna hitam pada bagian bawah tubuh buah, serta ukuran tubuh buah kecil.
Kandungan Nutrisi Pada Jamur Kuping.
Kandungan nutrisi jamur kuping terdiri kadar air 89,1, protein 4,2, lemak 8,3, karbohidrat total 82,8, serat 19,8, abu 4,7 dan nilai energi 351. Jamur kuping dipanaskan, maka lendir yang dihasilkan oleh masyarakat dan tabib pengobatan memiliki khasiat:
• Penangkar / penon-aktif racun baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, bakhan sampai ke racun berbentuk logam berat. Hampir semua ramuan masakan Cina, jamur kuping selalu ditambahkan untuk tujuan menonaktifkan racun yang terbawa dalam makanan.
• Kandungan senyawa dalam lendir jamur kuping, efektif untuk menghambat pertumbuhan carcinoma dan sarcoma (kanker) sampai 80 – 90%. Berfungsi juga untuk antikoagulan bahkan menghambat penggumpalan darah.
• Lendir jamur kuping dapat meghambat dan mencegah penggumpalan darah.
Manfaat jamur kuping untuk pengobatan penyakit antara lain:

• Darah tinggi/pembuluh darah mengeras akibat penggumpalan darah:
Ambil 3 gram jamur kuping kering, rendam semalam dan buang airnya hingga tinggal jamur basah, tempatkan dalam rantang, tambahkan air bersih dikusus hingga lunak, tambahkan gula batu secukupnya dimakan secukupnya sehari sekali.

• Kurang darah dengan memasak jamur kuping 30 gram, ditambah 30 gram buah kurma, ditambah air bersih 5 gelas diminum dimasak sampai airnya tersisa 1 gelas. Hal diatas juga dapat diterapkan untk mengobati sakit wasir/ ambeian.
• Datang bulan tidak lancar dan memperlancar buang air besar. Jamur kuping dimasak bersama bahan-bahan lain seperti sayuran.

Tulisan terbaru akan segera hadir…

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar apapun dengan catatan sopan dan tidak mengandung unsur SARA